Minggu, 30 Desember 2018

Ada Apa Dengan Lion Air?



Di tahun 2018 ini Indonesia mengalami masalah dalam bidang transportasi khususnya di bdiang penerbangan. Akhir akhir ini yang sering di perbincangkan di publik ialah jatuhnya pesawat lion air JT610 atau biasa dikenal dengan sebutan boeing 737 MAX 8. Pesawat ini dulu bernama B737 sampai pada 2011 namanya diganti dengan boeing 737. Pesawat ini membawa mesin dengan tenaga yang besar dengan konfigurasi Twin-spool, High bypass turbofan dan  juga lebih irit 20% dalam penggunaan bahan bakar.
Boeing 737 MAX 8 terbaru ini mengalami kecelakaan di perairan tanjung karawang, jawa barat pada senin ( 29/10 ) setelah dikabarkan hilang kontak pada koordinat 05 46.15 S – 107 07.16 E. masalah ini sangat menyorot perhatian publik karena pesawat ini adalah pesawat keluaran terbaru yang seharusnya mempunya teknologi teknologi termutakhir yang dapat memperkecil terjadinya kecelakaan di transportasi udara. Tapi sayangnya kenyataan berkata lain sebanyak 189 meninggal dalam peristiwa nahas tersebut. KNKT menyatakan bahwa pesawat boeing 737 MAX 8 itu sudah memiliki kendala 3 kali sebelum kejadian tersebut ini membuat kita menyadari bahwa ada yang salah dalam tekhnisi pesawat lion air ini. Banyak ornag yang bertanya kenapa pesawat rusak tersebut terus di operasikan oleh pihak lion air dan oleh teknisi lion sendiri diperbolehkan untuk beroperasi ? apakah ini salah satu cara untuk memangkas pengeluaran perusahaan dengan mengorbankan biaya maintenance pesawat tersebut ?
Pesawat dengan harga tiket yang murah belum tentu menjamin keselamatan para penumpangnya lebih baik mengeluarkan uang yang tidak sedikit daripada mengorbankan nyawa. Kejadian ini seperti ini bukan sekali dua kali, melankan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir tercatat bahwa lion sudah mengalami kecelakaan sebanyak 5 kali.
Menurut saya sebaiknya pihak lion dapat lebih bijak dan lebih ketat  lagi dalam menyeleksi calon engineer untuk pesawat mereka karena apabila ada kejadian seperti ini lagi akan merugikan perusahaan tersebut karena orang orang setelah melihat kejadian tersebut bakalan memilih untuk membeli tiket yang sedikit lebih mahal agar mereka selamat daripada mereka membeli tiket yang murah dengan kualitas yang kurang menjamin keselamatan para penumpang.
Sehebat hebatnya ciptaan manusia secanggih canggihnya ciptaan manusia pasti memiliki kelemahan yang mungkin mereka belum ketahui. setidaknya kita sebagai manusia harus selalu teliti dalam mengerjakan sesuatu hal apalagi melibatkan keselamatan orang banyak dan juga jangan pernah menyepelekan masalah kecil karena masalah kecil apabila dibiarkan dapat menjadibesar seperti kejadian Lion Air JT610. Semoga orang yang ditinggalkan di beri ketabahan dan yang meninggal dunia dalam penerbangan itu diampuni semua dosanya dan diberikan tempat terbaik oleh-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

The Memorable Day At BloggerDay 2019 Bandung: dari Trans Studio hingga Crowne Plaza!

Habis Friday pastilah Saturday Pas Saturday bersama yang tersayang Dapat undangan dari BloggerDay Bikin hati girang melayang-layang...