Rabu, 02 Januari 2019

Dokter Gamal Albinsaid Terjun ke Dunia Politik?



Kita semua mungkin sudah mengetahui kasus berita bohong yang melibatkan Ratna Sarumpaet. Ratna sarumpaet berbohong terkait pengakuannya dianiaya oleh sejumlah orang di Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Namun pada hari Rabu 3 Oktober 2018, Ratna Sarumpaet memberikan klarifikasi atas dugaan penganiyaan tersebut di kediamannya, Bukit Duri, Jakarta Selatan. Ia menyatakan bahwa semua itu hanya kebohongan yang ia ciptakan sendiri. Dan ia bermaksud hanya untuk mengelabui anak-anaknya atas foto wajahnya yang lebam dan tersebar di media sosial. Ia juga mengaku foto itu hanya hasil dari operasi plastik untuk sedot lemak.
Atas masalah internal tersebut, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Timses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno resmi memberhentikan salah satu juru bicara kampanye nasional mereka. “BPN sudah memberhentikan beliau,’’ ujar Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi, Dendi Anzar Simanjuntak, saat dimintai konfirmasi via WhatsApp, Rabu (3/10/18). Pembenahan ini dilakukan agar mengembalikan citra baik Timses pasangan nomor urut 02 tersebut. Rasa ketidakpercayaan masyarakat bertimbun setelah kasus tersebut. Kebijakan BPN Timses Prabowo–Sandi untuk menunjuk juru bicara yang baru sangat diharapkan dari masyarakat untuk meningkatkan rasa kepercayaan masyarakat.
Masalah tersebuat membuat BPN Prabowo-Sandi menunjuk Gamal Albinsaid sebagai juru bicara pengganti Ratna Sarumpaet. Penunjukkan Gamal dideklarasikan pada Jumat, 5 Oktober 2018. Penunjukkan Dokter Gamal menjadi Jurkomnas Timses Prabowo-Sandi  juga tidak terlepas dari kesamaan visi Gamal yang sesuai dengan visi Prabowo-Sandi, yaitu memberantas kesenjangan ekonomi di Indonesia.
Fokus Dokter Gamal terhadap masalah kesehatan dan kesenjangan sosial-ekonomi di Indonesia mengunggah hatinya agar membentuk asuransi sampah yang ia bentuk bersama empat orang temannya di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Berbeda dengan asuransi kesehatan yang mematok harga tinggi, Dokter Gamal Albinsaid ingin memberi kemudahan bagi orang dengan status ekonomi menengah ke bawah bisa mengakses layanan kesehatan. Hal ini membuatnya mendapat banyak apresiasi dari dunia internasional kepadanya, seperti HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneurship First Winner 2014, People Choice Award di California-AS, People Choice Award dari Australian Agency for International Development, dan masih banyak lagi.
Selain itu, pilihan Sandiaga Uno ke Gamal Albinsaid sebagai jubir dianggap merupakan langkah yang sangat tepat. Selain karena prestasi yang diraihnya, sebagai seorang motivator pula ia sering melakukan seminar pengembangan diri di berbagai tempat di Indonesia membuatnya semakin dipercaya menjadi Jurkomnas Tim Prabowo-Sandi.Seminarnya mengunggah  para pendengarnya agar semakin memperhatikan terhadap salah satu masalah terbesar Indonesia, yakni kesehatan dan kesenjangan sosial-ekonomi. Banyaknya kutipan dan hikmah dari para orang sukses sering ia sampaikan, seperti Muhammad Al Fatih menaklukkan Konstantinopel hingga perkataan dari para guru dan ustadznya untuk mencapai kesuksesan kehidupan dunia dan akhirat melaui visi dan misi yang telah dicantumkan dalam hidup.
Pengalamannya bertemu dan berbicara banyak dengan Pangeran Charles dan Vladimir Putin membuat keterampilan berbicaranya semakin dipercaya. Pertemuannya dengan Vladimir Putin berlangsung saat Gamal menghadiri sekaligus menjadi pembicara dan memberikan inspirasi di hadapan 25.000 peserta dari 150 negara, pada The 19th World Festival of Youth and Students di Sochi Rusia, 15 Oktober 2017 silam. Di depan Putin, Gamal menceritakan perjalanan studinya hingga akhirnya klinik asuransi sampah bisa sukses seperti sekarang.
“Anda menangani salah satu masalah paling penting dan paling mulia, dengan hasil yang jelas. Ini adalah misi khusus, bukan sekedar profesi. Inilah sebabnya saya sangat menghormati dokter. Terlepas dari aspek kemanusiaan, kesehatan telah memperoleh aspek ekonomi di dunia ekonomi modern. Orang dengan masalah kesehatan merasa jauh lebih sulit menguasai pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan ekonomi modern, dan mereka merasa jauh lebih sulit untuk bekerja secara efisien,’’ kata Putin, seperti dikutip Gamal, Selasa (24/10/17).
“Masuknya Dokter Gamal Albinsaid, saya harapkan membawa perubahan, membawa lokomotif pembaharuan milineal. Dia (Gamal) merupakan anak milineal, sudah mendapatkan penghargaan dari BBC dan bisa menjadi inspirasi buat anak-anak muda lain,” papar Sandiaga Uno usai sholat jumat di Masjid Al Mutaqqien, Jumat (5/10/18).
Penunjukkan Dokter Gamal diharapkan tidak sekadar menguntungkan Timses Prabowo-Sandi, tetapi juga diharapkan menjadi inspirasi bagi pemuda Indonesia, yakni generasi milineal dan generasi z untuk menyelesaikan problemmatika yang ada sesuai perkembangan zaman di Indonesia, bahkan dunia internasional. Diharapkan pula para pendengarnya mendapat pengetahuan dan keterampilan berbicara yang baik saat Dokter Gamal menjadi juru bicara di hadapan media besar Indonesia. Sikap yang baik saat berbicara dan nilai-nilai kebaikan yang sering ia katakan berpengaruh positif badi pendengarnya.
Dari kasus pemecatan Ratna Sarumpaet hingga penunjukkan Dokter Gamal Albinsaid menjadi juru bicara Timses Prabowo-Sandi, kita lihat merupakan salah satu kebijakan timses untuk memperbaiki citranya. Penunjukkan Dokter Gamal yang memiliki banyak penghargaan internasional sebagai juru bicara merupakan langkah untuk memperbaiki citra timses dan memberi inspirasi bagi masyarakat untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

(karya Zulfikar, 12B SMA Pribadi Bandung-2018)
                                                                             
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
                                               


2 komentar:

  1. Salut banget anak kelas SMA sudh bisa menghasilkan tulisan seperti ini.

    BalasHapus
  2. Iya Mas Rudi, sejatinya banyak sekali talenta dan bakat yang terpendam dari anak-anak usia remaja yang lebih wah dari kita, tapi sayang belum maksimal kita memolesnya.
    Terima kasih sudi mampir

    BalasHapus

The Memorable Day At BloggerDay 2019 Bandung: dari Trans Studio hingga Crowne Plaza!

Habis Friday pastilah Saturday Pas Saturday bersama yang tersayang Dapat undangan dari BloggerDay Bikin hati girang melayang-layang...